Kawasan Kumuh Kota Lama

Kawasan kumuh adalah kawasan dimana rumah dan kondisi hunian masyarakat di kawasan tersebut sangat buruk. Rumah maupun sarana dan prasarana yang ada tidak sesuai dengan standar yang berlaku, baik standar kebutuhan, kepadatan bangunan, persyaratan rumah sehat, kebutuhan sarana air bersih, sanitasi maupun persyaratan kelengkapan prasarana jalan, ruang terbuka, serta kelengkapan fasilitas sosial lainnya.

Ciri-ciri pemukiman kumuh, seperti yang diungkapkan oleh Prof. DR. Parsudi Suparlan6 adalah :

1. Fasilitas umum yang kondisinya kurang atau tidak memadai.
2. Kondisi hunian rumah dan pemukiman serta penggunaan ruang-ruanganya mencerminkanpenghuninya yang kurang mampuatau miskin.
3. Adanya tingkat frekuensi dan kepadatan volume yang tinggi dalam penggunaan ruang-ruang yang ada dipemukiman kumuh sehinggamencerminkan adanya kesemrawutan tata ruang dan ketidakberdayaanekonomi penghuninya.
4. Pemukiman kumuh merupakan suatusatuan-satuan komuniti yang hidup secara tersendiri .

Perumahan tidak layak huni adalah kondisi dimana rumah beserta lingkungannya tidak memenuhi persyaratan yang layak untuk tempat tinggal baik secara fisik, kesehatan maupun sosial, dengan kriteria antara lain7 :
  1. Luas lantai perkapita, di kota kurang dari 4 m2 sedangkan di desa kurang dari 10 m2.
  2. Jenis atap rumah terbuat dari daun dan lainnya.
  3. Jenis dinding rumah terbuat dari anyaman bambu yang belum diproses.
  4. Jenis lantai tanah
  5. Tidak mempunyai fasilitas tempat untuk Mandi, Cuci, Kakus (MCK).
Kawasan kota lama cenderung kawasan kumuh ditambah lagi dengan keadaan yang sering banjir banyak pemukiman pemukiman yang tidak memenuhi standar pemukiman yang ideal.

Suatu patokan untuk mengukur tingkat kekumuhan Kota lama dapat dilihat dari :
  • Faktor ekonomi dan kemiskinan.ekonomi di kota lama cenderung ekonomi menengah kebawah.
  • Jumlah penduduk.
  • Kondisi jalan.Kondisi jalan yang sering terkena Banjir Rob atau air hujan mengakibatkan jalan tidak bisa digunakan
  • Kondisi bangunan. Kondisi bangunan lama, yang tidak terurus terkesan kotor, dan berantkan
  • Kerapatan bangunan. Bangunan dikota lama, antara satu dengan yang lainnya sangat rengkat, jika terjadi kebakarn maka api akan cepat merambat .
  • Sanitasi
  • Drainase. Drainase yang sangat tidak ideal , air selokan yang mampat , terkadang saat banjir meluap,tidakada air yang mengalir secara lancar .
  • Ruang terbuka
  • Kebersihan Lingkungan. Kebersihan lingkungan yang sangat minim , dimulai dari mendapatkan air bersih yang sangat sulit. terkadang MCK denagn air banjir , banyak arga yang terkena penyakit kulit karena kurangnya kebersihan lingkungan
  • Rehabilitasi lingkungan dan masyarakat.